Duduk Terlalu Lama, Ini Efek Sampingnya

Jum'at, 27 Maret 2020 - 01:30 WIB
Duduk Terlalu Lama, Ini Efek Sampingnya
Duduk Terlalu Lama, Ini Efek Sampingnya
A A A
JAKARTA - Sebagian orang dalam keseharian sangat sering menghabiskan banyak waktu dengan duduk di depan televisi atau komputer, baik di rumah maupun tempat kerja.

Perlu diketahui bahwa semakin lama Anda duduk, tidak bergerak, dan kurang beraktivitas fisik akan makin merugikan kesehatan. Apalagi saat ini hampir semua orang berdiam diri di rumah demi mencegah penyebaran virus corona. Otomatis Anda tidak bisa melakukan aktivitas fisik tambahan seperti berjalan kaki dan menaiki tangga sehingga tubuh kurang bergerak.

Berikut adalah efek samping jika Anda duduk terlalu lama, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Perlambatan pembakaran kalori.
Saat duduk, laju pembakaran kalori dalam tubuh akan turun menjadi 1 kalori per menit, yang berarti bahwa jika Anda duduk selama satu jam, Anda hanya membakar 60 kalori. Bandingkan dengan saat berdiri, Anda dapat membakar 300 kalori lebih banyak setiap hari.

2. Meningkatkan berat badan.
Jika Anda duduk terlalu lama, itu akan meningkatkan risiko bertambahnya berat badan yang lebih cepat karena sel-sel Anda menjadi lebih gemuk.

3. Menyebabkan tulang melemah.
Kurangnya aktivitas fisik bakal mengakibatkan tulang menjadi lebih lemah dan kehilangan beberapa kandungan mineral. Perlu diketahui bahwa bergerak telah terbukti bermanfaat bagi tulang.

4. Melemahkan sistem kekebalan tubuh.
Jika Anda tidak mendapatkan aktivitas fisik yang baik, sistem kekebalan tubuh mungkin menjadi lebih lemah dan tidak berfungsi dengan baik.

5. Mengganggu sirkulasi darah.
Ketika Anda duduk terlalu lama dan tidak cukup bergerak, tubuh tidak akan mampu membawa darah secara efisien ke kaki Anda sehingga menyebabkan penyumbatan di arteri.

6. Menyebabkan nyeri punggung.
Duduk dalam waktu lama bisa mengubah kekencangan tulang belakang sehingga menambah risiko cidera punggung.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5609 seconds (0.1#10.140)